Rekomendasi layanan Whatsapp API Gateway (unofficial) yang sebaiknya kamu tahu.

Dalam artikel ini akan saya sampaikan beberapa layanan Whatsapp API gateway yang sebaiknya diketahui oleh programmer.

Sebelumnya apa itu API? Secara sederhana API adalah jembatan antara satu aplikasi dengan aplikasi lain. API sendiri singkatan Application Programming Interface.

Dengan menggunakan API kita dapat mengirimkan pesan secara terprogram / programmatically dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Dulu ketika belum ada whatsapp orang pakai SMS, dan kita mengrimkan SMS melalui bahasa pemrograman. Kita sebut dengan istilah SMS gateway. Salah satu aplikasi untuk SMS gateway yang banyak digunakan adalah gammu.

Sekarang SMS sudah jarang digunakan, orang sudah banyak beralih menggunakan whatsapp.

Lalu bagaimana caranya mengrimkan pesan secara terprogram melalui whatsaapp. Salah satu dengan membuat whatsapp API gateway.

Berbeda dengan telegram, whatsapp tidak mempublish API mereka, jika pun ada API resmi dari whatsapp hanya untuk whtatsapp business yang sudah terverifikasi dan itu pun harganya relative mahal.

Oleh karena itu salah satu solusinya adalah menggunakan layanan whatsapp API gateway unofficial / tidak resmi.

Ada layanan whatsapp API gateway dari luar negeri dan dalam negeri. Kita hanya akan membahas beberapa layanan whatsapp API gateway dalam negeri, karena whatsapp API gateway harganya relative lebih mahal.

Beberapa whatsapp API gateway luar negeri antara lain : Twillio, Chatapi, waboxapp, apiwha / rapiwha, dll.

Mari kita ulas satu satu untuk layanan whatsapp API gateway dalam negeri :


1. Wablas

Wablas adalah salah satu pioneer layanan whatsapp API gateway dalam negeri, fitur nya cukup lengkap dan dokumentasi cukup mudah dipelajari harga paket termurah adalah 65rb per bulan, hanya untuk kirim pesan text tidak bisa kirim pesan gambar atau file. Untuk bisa mengirim pesan gambar atau file minimal harus menggunakan pakaet yang harganya 369rb per bulan.


2. WhatsPie

Whatspie adalah salah satu layanan whatsapp API gateway yang cukup terjangkau, hanya ada 2 jenis paket, paket 60rb per bulan dan paket 240rb per bulan. Secara fungsi paket tersebut sama yang membedakan adalah batasan pesan, paket pertama dibatasi 10.000 pesan sebulan dan paket kedua unlimited. Semua paket WhatsPie bisa mengrimkan pesan text, gambar atau file.


3. Woo-wa / Woowandroid

Awalnya woo-wa adalah plugin add-on woocommerce yang fungsinya mengirimkan pesan rincian transakasi dari woocommerce melalui whatsapp. Namun seiring perkembangan woo-wa juga menyediakan API yang bisa digunakan, tidak hanya untuk woocommerce, harga paket nya per bulan 200rb. Fitur cukup lengkap bisa kirim pesan text, gambar, dan file.

Selain itu woo-wa juga menyediakan aplikasi android , woowandroid yg fungsinya bisa mengrimkan pesan melalui API tetapi menggunakan aplikasi android. Untuk woowandroid tidak ada biaya bulanan, namun penjualanya sudah ditutup dan blm dibuka lagi. Selain itu, woowa juga membuat aplikasi berbasis chrome extention yg diberi nama woowa CRM.


4. Fonnte

Sama seperti whatspie paket termurah adalah 60rb perbulan, bedanya di paket itu fonnte hanya mengrimkan pesan text seperti wablas, untuk bisa mengrim pesan gambar, file, dan video paket yg harus diambil seharga Rp. 350rb per bulan. Salah satu kelebihan fonnte adalah developernya telah menyediakan beberapa plugin wordpress yang support fonnte.


5. Wafvel

Wafvel bisa dikatakan pemian baru dalam dunia layanan whatsapp API gateway. Fiturnya cukup lengkap. Harga paket termurah adalah 150rb per bulan. Bisa kirim pesan text, gambar, file. Salah satu keunggulan wafvel adlah contact sync, sinkronisasi kontak whatsapp secara otomatis.


6. Maxgrabb

Berbeda dengan 5 jenis layanan sebelumnya maxxgrab adalah aplikasi berbasis desktop yang dijalankan pada sistem operasi windows. Jadi jika ingin online 24 jam komputer / laptop anda harus nyala selama 24jam, atau bisa juga pakai vps windows. Paket termurah seharga 147rb per 3 bulan untuk 5 akun whatsapp. Fiturnya cukup lengkap. Bisa kirim text, gambar, dan file.


Membuat whatsapp API gateway sendiri.

7. WA-GW

Jika Anda tidak ingin membayar biaya langganan tiap bulan untuk layanan whatsapp API gateway, maka anda bisa menggunakan WA-GW. Apa itu WA-GW? WAGW adalah aplikasi berbasis dekstop di sistem operasi windows yang memungkinkan untuk melakukan proses otomatisasi pengiriman pesan melalui whatsapp. Aplikasi ini gratis. Namun aplikasi hanya berjalan jika komputer / laptop hidup, atau kalau tidak solusinya adalah dengan menggunakan VPS windows. WAGW bisa mengirimkan pesan text, gambar, file atau video.

Kunjungi web WAGW

Grup Facebook

DOWNLOAD

Demikian rekomendasi saya tentang layanan Whatsapp API gateway, sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

Ada yang mau menambahi?? 🙂