Kali saya akan memberikan tutorial sederhana, yang mungkin sudah diketahui oleh banyak orang termasuk Anda. Kalau belum, silahkan simak tutorial berikut ini tentang cara membuat Accordion dengan menggunakan Flash Component.

1.Buat File Flash Baru Actionscript 2.0 ( dalam hal ini saya menggunkan Adobe Flash CS3). Kemudian di menu bar klik Window >> Component. Maka akan muncul kotak dialog yang Component. Kemudian DragAccordion Component ke Stage.

image001

2. Setelah itu masukan objek / gambar ke stage. Convert menjadi movieclip (tekan F8). Lalu klik Advance. Klik centang Export for Actionscript. Jangan lupa beri nama movieclip dan identifier. Jangan lupa untuk registration nya pilih yang pojok kiri atas.

image003

3. Kemudian hapus moviecilp tadi dari Stage. Ulangi lagi untul objek yang lain yang ingin ditampilkan. Jangan lupa hapus movieclip di Stage setelah diconvert dan diberi identifier.

4. Kemudian Klik Accordion Component yang ada di Stage.

5. Lalu klik Parameter.

image005

6. Isi childLabel (judul tulisan yang akan muncul di atas movieclip)

7. Isi childName (nama-nama sesuai moviecilp Anda)

8. Isi childSymbol dengan nama-nama identifier (linkage) sebanyak yang telah anda buat tadi.

9. Kemudian tekan Ctrl + Enter untuk test movie. Hasilnya akan seperti ini.

10. Sekian Semoga bermanfaat 🙂
[button link=”http://adikiss.net/wp-content/uploads/2013/02/accordion.swf” style=”download” color=”pink” window=”yes”]Download SWF[/button]

(klik kanan save link as untuk donwload)