Membuat kartu Anggota dengan Data Merge pada Adobe InDesign

Membuat Kartu Anggota dengan Adobe Indesign (Data Merge)

Kita bisa membuat kartu anggota dengan menggunakan fasilitas data merge pada adobe InDesign. Data merge sendiri sama seperti Mail Merge di Microsoft Word dan Print Merge pada Coreldraw. Kelebihan data merge pada adobe InDesign adalah bisa menampilkan data yang berupa foto.

Langsung saja kita praktekan. Pertama, siapkan desain kartu anggota Anda. Contoh desain saya seperti ini. Kali ini saya menggunakan Adobe InDesign CS 5.

 Kartu Anggota

Jika Anda sudah mendesain Kartu Anggota, langkah berikutnya adalah menyiapkan datanya. Data harus berupa file yang berektensi .txt ,atau .csv. Agar lebih mudah kita bisa menggunakan format file .csv. Anda dapat membuatnya dengan menggunakan Microsoft excel, kemudian di save dalam format .csv.

Contohnya seperti gambar dibawah ini

 data field kartu anggota

Untuk memasukkan data foto anda dapat klik kanan pada cell pilih hyperlink kemudian pilih fotonya.

Untuk cell field foto (pada contoh diatas, ada di cell F1) harus diberi tanda petik( ‘ ) dan tanda ‘@’ untuk menunjukkan bahwa itu data foto. Setelah selesai anda bisa simpan dalam format .csv (comma delimited). Simpan lalu tutup.

Langkah berikutnya kembali ke program InDesign di menu bar pilih Window  >>  Utilities  >> Data Merge. Pilih Select Data Source kemudian pilih file csv tadi. Kemudian masukkan masukan field-field dari kotak dialog data merge ke tempat yang anda inginkan untuk data tersebut ditampilkan. Lalu tekan preview maka data dari file csv tadi akan ditampilkan di dalam InDesign baik data teks maupun data photo.

Hasilnya akan terlihat seperti berikut ini:Hasil Data Merge

Untuk Tutorial videonya saya sudah upload di youtube.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat 🙂

Untuk Tutorial versi PDF bisa diunduh disini klik kanan save link as.

Download PDF

Comments

komentar

, , ,

6 Responses to “Membuat kartu Anggota dengan Data Merge pada Adobe InDesign”

  1. Eko May 20, 2013 at 5:57 pm #

    mas kalo di Coreldraw cara masukkan fotox seperti apa ya ? trimakasih sebelumx…

  2. @arrikewell October 26, 2015 at 4:04 pm #

    Terima kasih, sangat membantu tutorialnya.
    untuk di software inDesign bagaimana cara save file (format pdf) jika data yang diinput banyak. apakah harus di preview A terus export pdf, kemudian preview B export lagi, dst. karena yang muncul hanya ada 1 page tetapi previewnya yang banyak. Thx

Leave a Reply